top of page

Cara Menjaga Gigi Saat Berpuasa Menjelang Lebaran


Lebaran merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Momen ini biasanya dirayakan dengan bersilaturahmi bersama keluarga, teman, dan kerabat. Di samping itu, Lebaran juga identik dengan makanan-makanan lezat yang disajikan khusus untuk merayakan momen ini. Namun, bagi sebagian orang, Lebaran juga dijadikan momen untuk membersihkan diri secara spiritual dan meningkatkan ibadah, termasuk berpuasa.

Berpuasa dianggap sebagai salah satu cara untuk membersihkan diri secara spiritual dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, berpuasa juga bisa berdampak pada kesehatan gigi dan mulut, terutama jika tidak dilakukan dengan benar. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menjaga gigi saat berpuasa menjelang Lebaran.

1. Menjaga Kebiasaan Pembersihan Gigi

Berpuasa tidak berarti kita bisa mengabaikan kebiasaan pembersihan gigi yang baik. Kita tetap harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi minimal dua kali sehari, setelah sahur dan setelah berbuka. Selain itu, kita juga perlu membersihkan lidah dan langit-langit mulut dengan sikat gigi atau alat pembersih lidah yang khusus.

2. Menjaga Asupan Makanan dan Minuman

Selama berpuasa, kita hanya boleh makan dan minum pada saat sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, kita perlu memilih makanan dan minuman yang sehat dan bergizi agar tetap dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis atau terlalu asam karena dapat merusak gigi dan mulut.

3. Menjaga Keseimbangan Asupan Makanan

Saat berbuka puasa, kita sering kali merasa lapar dan ingin segera mengisi perut dengan makanan yang banyak. Namun, ini tidak disarankan karena dapat merusak kesehatan gigi dan mulut. Sebaiknya, kita memilih makanan yang seimbang dan tidak terlalu banyak mengandung gula dan asam. Kita juga perlu mengunyah makanan dengan baik agar dapat mempercepat proses pencernaan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

4. Menjaga Kadar Air dalam Tubuh

Saat berpuasa, kita hanya boleh minum pada saat sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kadar air dalam tubuh dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup selama sahur dan berbuka puasa. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut karena air putih dapat membantu membersihkan gigi dan mulut dari bakteri dan kotoran.

5. Menghindari Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya merusak kesehatan paru-paru dan jantung, melainkan juga menyebabkan gigi menjadi kuning dan tidak sehat.,





26 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page